Mengatasi Sering Bersin-Bersin Terus Hampir Setiap Pagi

Cara Mengatasi Sering Bersin Setiap Pagi

 
mengatasi sering bersin-bersin terus

Suka bersin-bersin terus setiap bangun tidur

Sering bersin-bersin setiap pagi sudah menjadi kebiasaan saya setiap hari sejak beberapa tahun lalu. Awalnya saya pikir ini hanya penyakit aneh dan langka yang terjadi pada diri saya. Namun ternyata cukup banyak orang Indonesia yang mengalami hal sama.

 

Menurut dokter yang pernah saya temui waktu mau berobat di rumah sakit, katanya gejala sering bersin setiap pagi bisa jadi merupakan gejala dari Rhinitis terutama rinitis vasomotor (vasomotor rhinitis). Vasomotor rhinitis adalah jenis rhinitis non-alergi (Non allergic rhinitis) yang mana gejalanya tidak disebabkan oleh alergi tertentu seperti halnya dalam rhinitis alergi.

Vasomotor rhinitis ini penyebab terjadinya cukup kompleks karena selain disebabkan oleh paparan zat tertentu, juga dipengaruhi oleh keadaan saraf dan otot yang menyebabkan pembuluh darah di hidung jadi melebar.

Vasomotor rhinitis sering kali dipicu oleh perubahan suhu atau oleh suhu dingin di pagi hari, itulah kenapa bersin-bersin sering kali terjadi setelah bangun tidur dan di pagi hari. Namun bersin-bersin jarang terjadi hingga terus menerus sepanjang hari.

Penyakit ini sering kali terjadi pada orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah atau sistem kekebalan tubuh yang buruk. Sehingga tubuhnya sangat sensitif sekali meskipun hanya terkena paparan udara atau air yang agak dingin di pagi hari, namun ini tidak terjadi setiap waktu. Orang yang sehat dan memiliki sistem imun atau sistem kekebalan tubuh bagus tidak akan bersin-bersin jika terken udara dingin pagi hari.

Dulu waktu saya pergi ke dokter pernah diberi beberapa obat untuk mengatasi gejala bersin-bersin si pagi hari. Efeknya cukup enak, saya minum di malam hari sebelum tidur dan paginya saya tidak bersin-bersin. Namun buruknya yaitu ketika setelah obat-obatan habis, bersin-bersin bisa datang lagi. Jadi harus minum obat hampir tiap hari, sampai membuat saya jadi ketergantungan dengan obat.

Karena saya tidak ingin tergantung terus sama obat akhirnya saya pun berhenti mengkonsumsi obat, dan mulai beralih dengan cara-cara alami seperti yang dijelaskan dalam "Buku Mengatasi Bersin".

Rhinitis terutama rhinitis vasomotor memang tidak bisa diobati dengan obat-obatan saja, namun harus dibarengi juga dengan gaya hidup yang baik. Obat-obatan generik atau obat-obatan kimia/sintetis yang dijual di apotek-apotek hanya membantu meringankan gejala rhinitis untuk sementara saja dan sebaiknya digunakan dalam keadaan terdesak saja.

Jika Anda ingin mengatasi gejala bersin-bersin tanpa obat, namun dengan treatment dan mengkonsumsi bahan-bahan yang alami, saya rekomendasikan Anda untuk membaca "buku mengatasi bersin" yang bisa Anda dapatkan di situs https://mengatasibersin0.blogspot.com. Tips-tips dan saran yang ada didalamnya telah membantu saya mampu mengatasi bersin-bersin setiap pagi akibat vasomotor rhinitis.

Tips dari saya jika seandainya Anda akan mengikuti panduan yang ada dalam buku mengatasi bersin, Anda harus melakukan semua langkah-langkah-nya secara disiplin dan teratur agar bisa berhasil. Hingga kini, saya sudah sangat jarang terkena bersin-bersin lagi seperti dulu berkat panduan didalamnya.

Sekian, semoga berguna.

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dibawah. ☺